PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MAOSPATI

Main Authors: Aldila, Herman, Mulyanratna, Madewi
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Inovasi Pendidikan Fisika , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3005
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara metode pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa. Metode pemberian tugas terstruktur merupakan metode dimana guru memberikan penugasan yang waktunya telah ditentukan oleh guru dan guru membahas tuntas tugas tersebut secara klasikal. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI dan sample dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 1 Maospati. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil penelitan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi didapatkan koefisien korelasi dan persamaan regresi untuk masing-masing ranah hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0,798 dengan persamaan regresi = 21,134+0,904X, ranah psikomotor dengan koefisien korelasi sebesar 0,791 dengan persamaan regresi = 24,048+0,798X, dan ranah afektif dengan koefisien korelasi sebesar 0,783 dengan persamaan regresi = 24,931+0,767X. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, metode pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa memiliki pengaruh yang positip dan korelasi yang kuat. Hal ini menandakan bahwa perubahan dari penerapan metode pemberian tugas terstruktur berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, tugas terstruktur, dan hasil belajar. Abstract This study purposed to examine the relationship between the structured assignments methods with student learning achievement. The structured method is a method where a teacher gives an assignment, time has been determined by the teacher and the teacher discusses the task of thoroughly classical. The population of this research is the eleventh grade and the sample of this research is the XI IPA 5 grade in SMA Negeri 1 Maospati. The research design used was The One Group Pretest – Posttest Design. Based on the results of the study by using correlation and regression analysis of the obtained coefficient of correlation and regression equation for each domain of student learning achievement i.e. the cognitive domain with a coefficient of correlation is 0,798 and the regression equation is Y = 21,134 + 0,904X, the psychomotor domain with a coefficient of correlation is 0,791 and the regression equation is Y = 24,048 + 0, 798X, then the affective domain with a coefficient of correlation is 0,783 of regression equation Y = 24,931 + 0, 767X. Based on the results of the analysis it can be concluded that, granting structured method of learning results students have positive influence and a strong correlation. This indicates that the changes from the application of the method of granting influential structured significantly to student learning achievement. Keywords: Cooperatif learning STAD, structure assignment, and learning achievement.