PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN TEKNIK FIRING LINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BUNYI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MADIUN
Main Authors: | Afifah, Devi Nur, Budiningarti, Hermin |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Inovasi Pendidikan Fisika
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/2998 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menentukan koefisien korelasi antara hasil belajar siswa dengan pembelajaran koopeartif tipe TGT dengan teknik firing line, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik firing line pada materi bunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan rancangan ”one group pre-test and post-test design”. Berdasarkan analisis normalitas dan homogenitas diketahui bahwa kedua kelas eksperimen (VIII B dan VIII F) berdistribusi normal dan homogen. Untuk mengetahui hasil aspek kognitif siswa digunakan uji t yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai pre-test dan post-test dan diperoleh hasil bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas eksperimen. Berdasarkan analisis diperoleh hubungan antara poin rata-rata turnamen siswa dengan hasil belajar siswa digunakan analisis korelasi, sehingga diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,84 dengan faktor kontribusi dari poin turnamen sebesar R2 = 0,711pada kelas VIII B, sedangkan pada kelas VIII F koefisien korelasinya sebesar 0,78 dengan faktor kontribusi dari poin turnamen sebesar R2 = 0,616. Hasil analisis terhadap keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik firing line secara umum berjalan dengan baik. Sedangkan dari hasil analisis angket respon diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik firing line memperoleh respon positif dari siswa. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa poin turnamen dengan teknik firing line berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi bunyi kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun. Kata Kunci: Pembelajarn kooperatif tipe TGT, teknik firing line, dan hasil belajar. Abstract This study purposed to determine the coefficient of correlation between the learning result with TGT cooperative learning using firing line technique, to describe learning implementation and the response of student in TGT cooperative learning using firing line technique on the sound material. This type of research is pra-experimental with “one group pre-test and post-test design”. Based the on analysis of normality and homogeneity is obtained that both the experiment cB and VIII F) are normally distributed and homogeneus. To know the cognitive aspects of students used the t test to find differences in the value of pre-test and post-test and the result showed that there is an increase in student learning result in both the experiment classes. Based on analysis to determine the relationship between the tournament points of students with student learning result used correlation analysis, in order to obtain the coefficient of correlation 0,84 with contribution factor from point tournament R2 = 0,711 in class VIII B and in class VIII F result that coefficient of correlation 0,78 with contribution factor from point tournament R2 = 0,616. The result on analysis of the learning implementation were obtained from the observations result that TGT cooperative learning using firing line technique are generally going well. The result of analysis of questionnaire responses is known that TGT cooperative learning using firing line technique to obtain a positive response from students. From the analysis of the result research it can be concluded that the point tornament using firing line technique have a positive effect on student learning result in eight grade on the sound material at SMP Negeri 3 Madiun. Keywords: TGT cooperatif learning, firing line techniques, and learning result.