PROFIL SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMAN PLOSO PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP MATERI ELASTISITAS
Main Authors: | NUR ROHMAH, FATIMAH, Arief, Alimufi |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Inovasi Pendidikan Fisika
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/16274 |
Daftar Isi:
- Self-efficacy merupakan keyakinan diri seseorang untuk menyelesaikan tugas dengan kemampuannya sendiri. Self-efficacy memberikan dampak tersendri bagi individu dalam meningkatkan kemampuannya. Model pembelajaran konsep merupakan pembelajaran induktif yang membantu siswa untuk menemukan konsep dan memunculkan sikap self-efficacy dalam setiap sintaksnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran konsep dan mendiskripsikan self-efficacy siswa pada pembelajarn konsep. Metode penelitian ini adalah pre experimental design dengan menggunakan one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran konsep adalah baik. Self-efficacy yang dimiliki siswa kelas X MIA 4 yaitu 9,73% kategori sangat tinggi, 75% kategori tinggi dan 15,62% cukup tinggi serta terdapat hubungan positif sebesar 0,675 antara self-efficacy dengan hasil belajar siswa setelah diteapkan model pembelajaran konsep materi elastisitas. Kata Kunci: pembelajaran konsep, self-efficacy, elastisitas