RANCANG BANGUN GAME PENGENALAN HURUF MENGGUNAKAN METODE COLLISION DETECTION
Main Authors: | Khasanah, Uswatun, Ardhianto, Eka |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Information Technology and Telematics
, 2019
|
Online Access: |
https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti3/article/view/6568 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT Lately, the development of gaming technology has grown rapidly in line with the development of information technology. This is marked by the emergence of many game applications on smartphones. Therefore, the writer made a game application for letter recognition using the Collision Detection method. Creation of an Introduction Game This letter can guarantee children's learning resources in recognizing effective letters, because children need learning media that is interesting and educational in the delivery, and also so as not to create a sense of boredom in learning. The method of making this game is Collision Detection starting from the analysis of design, manufacture, testing and maintenance. The game model presented in the form of letters and baskets, and there are 3 levels, where each level has a different time and has a different speed. Tests carried out include, testing of android devices. The results showed that the game "Introduction to Letters" made using construct 2 can be run on mobile devices with Android platforms easily by the users.
- ABSTRAK Belakangan ini perkembangan teknologi game saat ini telah berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Hal ini ditandai dengan banyak munculnya aplikasi game di smartphone. Maka dari itu penulis membuat Aplikasi Game Pengenalan Huruf Menggunakan Metode Collision Detection. Dibuatnya Game Pengenalan Huruf ini dapat menjadai sumber belajar anak-anak dalam mengenal huruf yang efektif, karena anak-anak memerlukan media belajar yang menarik dan edukatif dalam penyampainnya, dan juga supaya tidak menciptakan rasa bosan anak dalam belajar. Metode pembuatan game ini adalah Collision Detection dimulai dari analisis perancangan, pembuatan, pengujian dan pemeliharaan. Model permainan yang disajikan berupa huruf dan keranjang , dan terdapat 3 level , dimana setiap level mempunyai waktu yang berbeda dan mempunyai kecepatan yang berbeda. Pengujian yang dilakukan meliputi, pengujian terhadap perangkat android. Hasil penelitian menunjukan bahwa game “Pengenalan Huruf” yang dibuat menggunakan construct 2 dapat dijalankan pada perangkat mobile yang berplatfrom android dengan mudah oleh para pengguna.