KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRAINDONESIA ANGKATAN 2008--2011 DENGAN KARYAWAN UNESA

Main Author: SANTOSO, DWI
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: BAPALA , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/2021
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKegiatan berkomunikasi secara santun sangat diperlukan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia dalam berinteraksi dengan karyawan karena lingkungan kampus merupakan lingkungan pendidikandan mahasiswa sebagai pelajar harus menggunakan bahasa yang santun sebagai rasa hormat terhadapkaryawan.Penelitian ini, membahas dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana kesantunan berbahasa mahasiswajurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia angkatan 2008--2011 dengan karyawan Unesa dalam bentuk tuturan, (2)Bagaimana penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa mahasiswa Unesa jurusan Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia angkatan 2008--2011 dengan karyawan Unesa dalam bentuk tuturan.Sesuai dengan permasalahan di atas,tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (1) Mendeskripsikan kesantunan berbahasa mahasiswa Unesa JurusanPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2008--2011 dengan karyawan Unesa dalam bentuk tuturan. (2)Mendeskripsikan penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa mahasiswa unesa jurusan pendidikan bahasa dan sastraIndonesia angkatan 2008--2011 dalam bentuk tuturan.Kajian yang digunakan dalam penelitian ini ialah prinsipkesantunan Leech. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil pengolahandata menunjukkan bahwa (1) Tuturan santun yang sering muncul dan sering digunakan mahasiswa dalamberkomunikasi dengan karyawan adalah maksim kebijaksanaan.(2) tuturan tidak santun yang sering muncul adalahtuturan yang melanggar prinsip maksim kebijaksanaaan dan maksim pujian.Kata Kunci : prinsip kesantunan, tuturan santun, tuturan tidak santun,ABSTRACTThe ethically communication activity is needed by the students of Indonesian Education and ArtDepartment while interacting with the staffs since the area of campus is the educational area, so the students have toshow their respectful to the staffs by using well mannered languages.This research formulates the problem into two,they are (1) How is the ethical communication used by the students of Indonesian language and literature educationDepartmen of Unesa academic year 2008-- 2011 with the staffs of UNESA in form of languages. (2) How is theprinciples fault of ethical communication used by the students of Indonesian language and literature EducationDepartment of Unesa academic year 2008--2011 with the staffs of UNESA in form of languages.Based on the aboveformulation, the objectives of this research are (1) to describe the ethical languages used by the students of Indonesianlanguage and literature Education Department of Unesa academic year 2008--2011 with the staffs in form of languages.(2) To describe the principles fault of ethical communication used by the students of Indonesian language and literatureEducation Department of UNESA academic year 2008--2011 with the staffs in form of languages.This study usesEthical Principles by Leech. This research uses qualitative-descriptive method. Tabulation of data result shows that (1)Ethical language which often used by the students in communication with the staffs is tact maxim. (2) Unethicallanguage that often appear is a language that break tact maxim and approbation maxim principles.Key words: ethical principles, ethical language, unethical language1