KEMAMPUAN SISWA DALAM BERMAIN DRAMALAKON MALIN KUNDANG PADA SISWA KELAS VIII ASMP NEGERI 1 MOJOSARI MOJOKERTOTAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | ANDRI ASNANIK, ANIK |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
BAPALA
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/2012 |
Daftar Isi:
- AbstrakKemampuan siswa dalam bermain drama adalah tingkat kecakapan siswa dalam bermain drama sesuaidengan aspek yang telah ditentukan. Aspek-aspek dalam penilaian bermain drama yaitu, lafal, intonasi,gerak tubuh, dan ekspresi. Keempat penilaian tersebut akan dijadikan acuan dalam menentukan seberapajauh kemampuan yang dimiliki siswa dalam bermain drama Lakon Malin Kundang.Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) bagaimana kemampuan bermain drama Lakon MalinKundang pada siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Mojosari Tahun Pelajaran 2012/2013; 2)bagaimanakah respons siswa dalam bermain peran Malin Kundang di kelas VIII A SMP Negeri 1Mojosari Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan kemampuanbermain drama Lakon Malin Kundang pada siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Mojosari TahunPelajaran 2012/2013; 2) mendeskripsikan respons siswa dalam bermain peran Malin Kundang.Data pada penelitian ini adalah hasil nilai siswa dalam pementasan drama Lakon Malin Kundang yangdiambil ketika pementasan drama yang dilakukan oleh siswa dan angket respons siswa dalam pementasandrama yang telah dilaksanakannya.Hasil data yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa nilai siswa menunjukkan kriteria baik dansangat baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam bermain drama pada kelas VIII A SMPNegeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto mendapat nilai sangat baik. Berdasarkan hasil nilai rata-ratasiswa diperoleh nilai 84,45%. Nilai tersebut telah mencapai nilai rata-rata pada KKM Mata PelajaranBahasa Indonesia, yakni 75. Nilai yang dicantumkan dalam daftar nilai siswa ketika siswa bermain dramaLakon Malin Kundang di aula sekolah. Nilai yang diambil berdasarkan acuan Mata Pelajaran BahasaIndonesia materi bermain drama.Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Drama, Lakon Malin Kundang.AbstractThe students’ ability in playing drama is the students’ proficiency level in playing drama based on theaspects that have been fixed. Those appraisal aspects are pronunciation, intonation, body language, andexpression. Those four appraisals will be reference in determining the student’s ability in playing dramaLakon Malin Kundang for students.Formulation of the problem in this research is 1) how the student’s ability in playing drama Lakon MalinKundang in class VIII A SMP Negeri 1 Mojosari School Year 2012/2013 is; 2) how the students’responsse in playing a role Malin Kundang in class VIII A SMP Negeri 1 Mojosari School Year2012/2013 is. This research aims to; 1) describe the student’s ability to play drama Lakon Malin Kundangin class VIII A SMP Negeri 1 Mojosari School Year 2012/2013 is; 2) describe the students’responsse inplaying role Malin Kundang.The data in this study is the result of a student's grade in the staging of the play plays Malin Kundangtaken when staging drama performed by students and the questionnaire responses of students in staging adrama that has been implementation.Header halaman genap: Nama Jurnal. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2012, 0 - 216The results have been analyzed data it can be concluded that the students showed good and excellentcriteria. It can be concluded that the ability of students to play in class VIII drama A SMP Negeri 1Mojosari Mojokerto got very good value. Based on the average values obtained 84.45% of students. Thisvalue has reached the average value of the KKM's Indonesian language, which is 75. Values are includedin the list of the students when students play the play Malin Kundang drama in the school hall. Valuestaken by the reference's Indonesian language dramatic play materials.Keyword: Student’s Ability, Drama, Lakon Malin Kundang