PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS PUISI YANGBERORIENTASI PADA PRINSIP DEVELOPMENTALLY APPROPIATES PRACTICES(DAP) SISWA KELAS VIII SMP N 2 NGORO MOJOKERTO
Main Author: | SUDARWATI, ANA |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
BAPALA
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/2010 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan karena berusaha mengembangkan perangkatpembelajaran berupa silabus, RPP, buku siswa, lembar kegiatan siswa (LKS), buku guru, dan alat evaluasi yangberupa lembar penilaian (LP) yang berorientasi pada developmentally appropiates practices (DAP). Pengembanganperangkat pembelajaran pada penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan yakni model 4-D. model ini terdiriatas empat tahapan pengembangan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahappengembangan (develop), dan tahap penyebaran.Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kualitas, implementasi, danefektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Sedangkan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelasVIII-E SMP N 2 Ngoro Mojokerto semester 2 tahun pembelajaran 2011-2012.Hasil proses pengembangan perangkat pembelajaran ditunjukkan pada tahap-tahap sebagai berikut. Validasidraf 1 perangkat pembelajaran dimulai oleh dua validator, hasil validator menunjukkan bahwa perangkatpembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik karena presentasenya ≥95%, hasil dari revisi draf 1 dihasilkandraf 2 yang diujicobakan secara terbatas pada sepuluh siswa kelas VIII-E, dari ujicoba terbatas dihasilkan angketsiswa dan wawancara guru untuk merevisi draf 2 menjadi draf 3. Perangkat pembelajaran draf 3 diujicobakan secaraluas pada seluruh siswa kelas VIII-E SMP N 2 Ngoro Mojokerto. Hasil ujicoba luas berupa angket guru dan angketsiswa digunakan untuk merevisi draf 3 perangkat pembelajaran menjadi draf 4 atau draf final.Hasil analisis data terhadap kualitas perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa produk yangdikembangkan sangat berkualitas dan layak dengan rata-rata presentase kualitas buku siswa 83%. Kualitas LKS85,8% dan kualitas buku guru adalah 80%.Hasil implementasi perangkat pembelajaran LKS menunjukkan bahwa 0,3% siswa mendapatkan nilai padainterval 95-97, 15% siswa mendapatkan nilai pada interval 92-94, 24% siswa mendapatkan nilai pada interval 89-91,21% siswa mendapatkan nilai pada interval83-85, 0,6% siswa mendapatkan nilai pada interval 80-82 0.6%, siswamendapatkan nilai pada interval 77-79. Pada tahap implementasi perangkat pembelajaran LKS juga didapat rata-ratanilai siswa, yakni 87.Efektivitas perangkat pembelajaran pada penelitian ini ditentukan oleh empat indikator, diantaranya adalahketerlaksanaan RPP, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Tes belajar siswa terdiri atas pre-test danpost-test dari hasil analisis data menunjukkan bahwa keterlaksanaan RPP selama pembelajaran adalah sangat baikdengan rata-rata peresentase 97,05%. Aktivitas siswa yang muncul sebesar 85,71% . respon siswa juga menunjukkanbahwa siswa juga tertarik dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, yang dibuktikan pada rata-ratapresentase97,05%. Selanjutnya efektivitas perangkat pembelajaran juga ditentukan oleh hasil belajar siswa. Padapenelitian ini hasil belajar siswa dihitung dengan uji “t”. hasil belajar siswa atau t diinterpretasikan mempunyaiperbedaan signifikan dengan nilai t yakni 2,76<25,13>3,29. Berdasarkan dari data di atas dapat disimpulkan bahwaempat indikator efektivitas masuk dalam kategori baik jadi perangkat pembelajaran “PILAR Bahasa dan SastraIndonesia” yang dikembangkan efektif jika diterapkan pada pembelajaran menulis puisi.AbstractThis research is the development research because of trying to develop learning equipment in the form ofthe syllabus, Lesson Plan , the student's book, the sheet of the student's activity (LKS), the teacher's book, and theJurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 01 Nomor 01 Tahun 2012evaluation implement in the form of assessment sheet that is oriented in developmentally appropiates practices(DAP). The development of learning equipment in this research refers to the Thiagarajan model namely the model 4-D. this model consists of four development stages, that is the defining stage (define), the design stage (design), thedevelopment stage, and the spreading stage.Generally this research aimed to determine the process of the development, the quality, the implementation,and the effectiveness of learning equipment that was developed. Whereas the subject in this research are students ingrade VIII-E SMP N 2 Ngoro Mojokerto in the second semester 2011-2012.The Results of development process of learning equipment is shown in the following stages. Thevalidation of the draft 1 learning ipment is bun by two validator, validator results hows that learning equipmentincluding in the category is very good because the percentage is ≥ 95%, revision results of the draft 1 is produced bythe draft 2 that was tested in a limited way to tenstudents of class VIII-E, from the limited test is produced by thestudent's questionnaires and the teacher's interview to revise the draft 2 became the draft 3. the learning Equipmentin the draft 3 are tested widely to all student of class VIII-E SMPN 2 Ngoro Mojokerto. The results of extensivetests of the teacher questionnaire and student questionnaire used to revise the draft 3 or draft 4 of learning equipmentinto the final draft.The analysis of data on the quality of learning suggest that the products developed by highly qualified and worthy ofthe average percentage of students 83% of quality books.LKS quality 85.8% and the quality of teachers' book is80%.Results of the data analysis towards the quality of learning equipment shows that the product which isdeveloped is in high quality and appropriate on average presentase, the student's book quality is 83%. the student'sactivity sheet is 85,8% and the teachers' book quality is 80% The results of the implementation of learning thestudemts' ctivity sheet shows 0.3% of students scored at intervals of 95-97, 15% of students scored at intervals of92-94, 24% of students scored at intervals of 89-91, 21% of students scored at interval83- 85, 0.6% of studentsscored at intervals of 80-82 0.6% of students scored at the interval 77-79. In the implementation phase of learningthe students' activity sheet are also obtained an average value of the students is 87.The effectiveness of learning in this research is determined by four indicators, including the lesson plan,students' activities, student responses, and student learning outcomes. The test consisted of students' pre-test andpost-test from analysis of the data shows that lesson plan feasibility during learning is very good with an average of97.05% presentase. the students' activities which is appeared for 85.71%. students' responses also indicate thatstudents are also interested in learning equipment are developed, which proved presentase97 on average,05%. Furthermore the effectiveness of the learning device is also determined by student learning outcomes. In thisstudy of student learning outcomes calculated by the test "t". student learning outcomes or not interpreted to havesignificant differences with the t value 2,76 <25.13> 3.29. Based on the above data it can be concluded that the fourindicators of effectiveness in good category to be learning the "PILLAR Indonesian language and literature" it canbe effective when applied to learn poetry in the written form.PENDAHULUANA. Latar Belakang MasalahPenyelengaraan pengembangan dibidangpendidikan sangat dianjurkan guna meningkatkankualitas sumber daya manusia yang memadai.Pengembangan atau pembaruan ini menyentuh sarananon fisik seperti pengembangan kualitas tenagatenagakependidikan yang memiliki pengetahuan,kemampuan dan keterampilan memanfaatkan fasilitasyang tersedia, serta cara kerja yang inovatif.Pembaruan dibidang pendidikan ini juga menyentuhsarana fisik/fasilitas pendidikan seperti perangkatpembelajaran yang terdiri atas silabus, rencanapelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa, lembarkegiatan siswa (LKS), buku guru, dan alat evaluasiyang berupa