PENGARUH PROFESIONALISME, METODE MENGAJAR, DISIPLIN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MODERASI MOTIVASI

Main Author: Wahjono, Wahjono; AMIK JTC
Other Authors: AMIK JTC
Format: Article info x-unknown/octet-stream eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: P3M AMIK JTC
Online Access: http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/47
http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/47/47
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji pengaruh profesionalisme guru, metode mengajar, disiplin dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran komputer akuntansi dengan moderasi motivasi. Dengan mengambil sampel siswa SMK kota Semarang secara quota sampling. Metode analisis yang digunakan reabilitas dan validitas untuk kuesioner, uji asumsi klasik dan fit untuk regresi, serta analisa regresi berganda model quasi moderasi untuk uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya disiplin dan media pembelajaran yang berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dengan arah positif untuk disiplin dan arah negatif untuk media pembelajaran. Sedangkan profesionalisme guru berpengaruh negatif tidak signifikan, metode mengajar berpengaruh positif tidak signifikan dan motivasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap prestasi belajar. Adapun uji moderasi menunjukkan bahwa motivasi bukan merupakan variabel moderasi pengaruh metode mengajar dan disiplin terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Profesionalisme guru, metode mengajar, disiplin, media pembelajaran, motivasi