PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PADA BADAN USAHA BERBENTUK RUMAH SAKIT (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan )
Main Author: | Ramadhani, Rona Alfiani |
---|---|
Other Authors: | Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
InFestasi
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.trunojoyo.ac.id/infestasi/article/view/1164 http://journal.trunojoyo.ac.id/infestasi/article/view/1164/984 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk : menggambarkan sistempengukuran kinerja yang selama ini diterapkan pada Rumah SakitUmum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu ; menggambarkanpenggunaan Balanced Scorecard terhadap pengukuran kinerja RumahSakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu ; mengevaluasi sampaisejauh mana penerapan Balanced Scorecard sebagai alat analisis yangkomprehensif dan koheren pada Rumah Sakit Umum Daerah SyarifahAmbami Rato Ebu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptif komparatif. Data dikumpulkan dengan melakukan observasidan wawancara serta penelitian kepustakaan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pengukuran kinerja yangselama ini diterapkan di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu adalahdengan menggunakan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah(LAKIP). Namun pengukuran kinerja dengan menggunakan metodeBalanced Scorecard lebih komprehensif, akurat, dan terukur, (2)pengukuran kinerja melalui perspektif keuangan menunjukkan kondisiyang sudah meningkat dan telah berhasil meningkatkan pendapatanoperasional rumah sakit meskipun belum berhasil menekan biayaoperasional, (3) pada perspektif pelanggan, RSUD Syarifah AmbamiRato Ebu telah melaksanakan 3 kebijakan pengobatan pasien denganbaik dan bertambahnya jumlah pasien, (4) pada perspektif proses bisnisinternal secara umum memperlihatkan bahwa kinerja pelayananterhadap pasien semakin baik serta telah melaksanakan inovasi danmemberikan layanan purna jual yang memadai dan memuaskanpelanggan, (5) pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terlihatpeningkatan dalam usaha rumah sakit menciptakan SDM yangkompeten dan memperhatikan kepuasan karyawan, dan (6) keempatperspektif pada rerangka Balanced Scorecard RSUD Syarifah AmbamiRato Ebu memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lain denganmenambahkan perspektif yang kelima, yaitu SPI untuk pendekatanbaru instalasi pemerintah yang lebih berfokus pada pelanggan