PENERAPAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENGETAHUI RESPONS SISWA PADA SUBMATERI PERAN TUMBUHAN DI BIDANG EKONOMI

Main Authors: Nursapikka, Endi, Daningsih, Entin, Yokhebed, Yokhebed
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM IKIP PGRI Pontianak , 2018
Online Access: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/944
https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/944/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas (Ananas comosus (L.) Merr.). Implementasi metode praktikum memberikan contoh nyata penggunaan bahan tumbuhan untuk meningkatkan ekonomi. Pengukuran respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket respons serta penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa saat melakukan praktikum. Pernyataan pada angket repons siswa terdiri dari pernyataan positif dan negatif berjumlah 12 pernyataan. Hasil respons siswa terhadap praktikum pembuatan permen nanas pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi memperoleh persentase rata-rata 83,33% dan termasuk kategori sangat tinggi. Respons didukung oleh nilai sikap siswa dengan nilai rata-rata 92,06 termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan nilai keterampilan siswa dengan nilai rata-rata 88,27 dan termasuk kategori sangat tinggi. Kata Kunci: praktikum, permen nanas, respons siswa.