PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PUISI
Main Author: | Wiranty, Wiendi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM IKIP PGRI Pontianak
, 2017
|
Online Access: |
https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/638 https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/638/595 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian adalah deskriptif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action research). Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan penugasan. Uji validitas data penelitian menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. penelitian yang dilakukan objek yang dilakukan adalah siswa kelas X A SMA Negeri 10. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus I, peningkatan kelulusan sesuai dengan KKM menjadi 70,74% dan pada siklus ke II terjadi peningkatan 75% sehingga siswa dinyatakan tuntas. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan pembacaan puisi. Kata Kunci: metode demonstrasi, kemampuan pembacaan puisi, peningkatan.