PENGARUH LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA

Main Author: Hidayati, Novi Wahyu
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM IKIP PGRI Pontianak , 2016
Online Access: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/194
https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/194/193
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh layanan informasi studi lanjutterhadap perencanaan karir, sehingga siswa mampu merencanakan karirnya secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan rancangan preeksperiment design berupa one group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data menggunakan angket langsung bentuk tertutup. Teknik pengambilan sampling dengan cara purposive sampling, sehingga sampel berjumlah 41 siswa yaitu kelas XI IPA-1. Teknik analisis data diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel (10,952>2,021). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hipotesis yang menyatakan “terdapat perbedaan yang signifikan dalam perencanaan karir antara sebelum dan sesudah penerapan layanan informasi studi lanjut “, dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dengan pemberian layanan informasi studi lanjut terhadap perencanaan karir siswa, dan implementasi dari layanan informasi studi lanjut ini adalah siswa dapat merencanakan karir.Kata kunci: layanan informasi studi lanjut, perencanaan karir.