PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Authors: Fatmawati, Erni, Yuliatin, Ria
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM IKIP PGRI Pontianak , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1076
https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1076/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan tipe Teams Games Tournament; (2) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan tipe Make a Match; dan (3) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara tipe Teams Games Tournament dan Make a Match. Metode penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian quasi experimental design. Rancangan non equivalent control group design. Sampel berjumlah 55 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan tipe Teams Games Tournament adalah 79,89; (2) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan tipe Make A Match adalah 84,52; dan (3) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara tipe Teams Games Tournament dan Make A Match menunjukkan nilai sig. sebesar 0,048. Dengan taraf kepercayaan 5% disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa.