PEMGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK TARI SURAKARTA I BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI TARI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Main Author: Herlinah, -
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FBS UNY , 2016
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/7883
https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/7883/6737
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran tari yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Tari Surakarta I bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Kompetensi yang ingin dicapai melalui media pembelajaran ini adalah meningkatnya teknik gerak, wirama, dan penjiwaan mahasiswa. Pengembangan video pembelajaran tari Surakarta I ini menggunakan model prosedural dengan 8 tahap pokok, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji validasi ahli, (5) uji coba terbatas, (6) revisi 1 (7) uji coba lapangan, dan (8) evaluasi akhir. Setelah melalui proses pengembangan produk yaitu melalui uji ahli dan uji coba terbatas diperoleh media video pembelajaran tari. Persepsi mahasiswa tentang kemampuan media untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman teknik gerak, irama, ekspresi dan penjiwaan tari adalah sebagai berikut: Perolehan skor persepsi mahasiswa tentang kemampuan media dalam meningkatkan motivasi belajar adalah: 4,25; pemahaman teknik gerak 4,8; pemahaman irama 4, 25; pemahaman ekspresi dan penjiwaan 4. Sedangkan dari segi teknis, persepsi mahasiswa tentang kualitas peraga yang dipergunakan adalah 4,05; kualitas gambar 3,65; kualitas suara 3,8; dan kebermaknaan materi 4,35. Rata-rata skor keseluruhan adalah 4,14. Berdasarkan perolehan skor maka dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang kemampuan dan kualitas media video tari Gambyong Pareanom secara keseluruhan adalah baik.