Hubungan antara Efektivitas Bimbingan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing dengan Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL IKIP Malang

Main Authors: Saputro, Suprihadi, Mbulu, Joseph, Sutama, I Wayan
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2009
Online Access: http://journal.um.ac.id/index.php/ilmu-pendidikan/article/view/757
Daftar Isi:
  • Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) bertujuan menyiapkan mahasiswa sebagai calon guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki kemampuan pribadi, sosial dan profesional. Mahasiswa dipersiapkan sedini mungkin untuk memiliki kualifikasi calon guru yang profesional melalui praktik pengalaman lapangan (PPL) yang dilaksanakan secara terpadu dan terbimbing. Dalam PPL, mahasiswa dibimbing oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan guru pamong sangat efektif, pelaksanaan PPL mahasiswa cukup baik, dan bimbingan dosen pembimbing juga sangat baik. Efektivitas bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing ternyata dapat meningkatkan kemampuan mengajar para mahasiswa.