Analisis Isi Pemberitaan tentang Perpustakaan pada Surat Kabar
Main Author: | Kamaluddin, Kamaluddin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Nasional
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/842 https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/842/826 |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan, kategori tema pemberitaan tentang perpustakaan, dan bagaimana isi pemberitaan pada surat kabar Kompas, Koran Tempo, Media Indonesia, Pikiran Rakyat, Republika dan Tribun Jabar, terbitan tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 bulan Februari. Penelitian menggunakan metode deskriptif, dan mengaplikasikan teknik analisis isi untuk memperoleh gambaran tentang isi pesan pemberitaan secara sistematis. Dari hasil penelitian dapat diketahui perbandingan pemberitaan perpustakaan pada surat kabar harian: Kompas sebanyak 10 kali pemberitaan (21,28%), Koran Tempo sebanyak 3 kali pemberitaan (6,38%), Media Indonesia sebanyak 3 kali pemberitaan (6,38%), Pikiran Rakyat sebanyak 17 kali pemberitaan (36,18%), Republika sebanyak 11 kali pemberitaan (23,40%) dan Tribun Jabar sebanyak 3 kali pemberitaan (6,38%). Kategori tema pemberitaan diketahui kategori fungsi, nilai, utilitas, penciptaan, pengembangan perpustakaan sebesar 9 (19,15%); kategori situs perpustakaan, bangunan, halaman gedung, peralatan sebesar 4 (8,51%); kategori administrasi perpustakaan, staf, personil sebesar 4 (8,51%); kategori hubungan dengan publik. Peraturan untuk digunakan perpustakaan sebesar 2 (4,26%); kategori Departemen administrasi perpustakaan tidak ada yang memberitakan atau sebesar 0 (0%); kategori Perpustakaan Khusus 4 (8,51%); kategori Perpustakaan Umum sebesar 15 (31,91%) dan kategori membaca sebesar 9 (19,15%). Sedangkan hasil analisis mengenai isi pemberitaan diketahui banyak pemberitaan yang harus menjadi perhatian pemangku kepentingan perpustakaan untuk memperbaiki perpustakaan, disamping banyak pemberitaan yang positif tentang perpustakaan.