TINGKAT HARAPAN MASYARAKAT TERHADAP BIDANG KESEHATAN DI KABUPATEN JEMBER
Main Authors: | Indrayani, Reny, Ma'rufi, Isa, Khoiri, Abu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKM - UNEJ
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/4836 http://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/4836/3567 |
Daftar Isi:
- Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan yang memiliki tanggungjawab untuk menyelenggarakan pembanguan kesehatan di wilayah kerjanya. Sebagaipusat penggerak pembangunan bidang kesehatan, puskesmas juga didorong untuk selalumeningkatkan kinerjanya. Salah satu tolak ukur yang dapat digunakan puskesmas untukpeningkatan kinerjanya adalah harapan masyarakat terhadap pelayanan yangdiselenggarakan puskesmas. Dengan mengetahui seberapa besar harapan masyarakat terhadap puskesmas, maka akan lebih mudah bagi pemerintah dalam mewujudkankepuasan masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalahmengukur tingkat harapan masyarakat terhadap kinerja puskesmas berdasarkanreliability, responsiveness, assurance, emphathy, tangibles, assesibility, availability,continuity, keuangan, humanitas, ketersediaan informasi, dan kenyamanan lingkungan,serta kompetensi petugas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey denganpendekatan kuantitatif. Harapan masyarakat pada penelitian ini dibagi menjadi 5 kategoriyakni: Sangat rendah, rendah, biasa saja, tinggi, dan sangat tinggi. Berdasarkan hasilpenelitian diketahui bahwa harapan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas beradapada level tinggi. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil survey dimana sebagian besarmasyarakat menilai 11 dari 13 variabel penilaian puskesmas merupakan suatu hal yangpenting. Variabel tersebut diantaranya : reliability (42,69%), responsiveness (43,8%),assurance (43,93%), emphathy (53,07%), tangibles (48,6%), assesibility (36,27%),availability (52,84%), continuity (35,4%), humanitas (46,13%), dan kenyamananlingkungan (48,27%), dan kompetensi petugas (49,75%), sedangkan 2 variabel sisanyayakni: keuangan (35,6%) dan ketersediaan informasi (41,47%) dinilai sebagai hal yangbiasa saja. Kata kunci : puskesmas, kinerja, harapan.