Pemerolehan fonologi bahasa Jawa pada anak usia 2,5 tahun: Kajian psikolinguistik

Main Authors: Dzikriya, Fakhrizaldi Mufti, Meilawati, Avi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM UNY , 2022
Subjects:
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora/article/view/44990
https://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora/article/view/44990/pdf
https://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora/article/downloadSuppFile/44990/10462
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa pertama dengan fokus pada tataran fonologi pada anak perempuan 2,5 tahun. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian selama 4 bulan yakni sejak bulan Februari 2021 hingga bulan Juni 2021 dengan subjek penelitian ialah anak perempuan yang berusia 2,5 tahun. Peneliti menggunakan teknik simak libat cakap dalam mengumpulkan data serta metode wawancara terhadap orangtua anak. Teknik simak libat cakap dilakukan dengan cara peneliti menyimak sekaligus ikut berpartisipasi dalam pembicaraan dengan objek penelitian. Teknik analisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek menguasai 7 fonem vokal bahasa Jawa yang terdiri dari fonem /i/, /e/, /a/, /ǝ/, /u/, /o/, dan /Ɔ/ dan 13 fonem konsonan yakni /p/, /b/, /m/, /w/, /t/, /d/, /n/, /l/, /s/, /y/, /k/, /g/, serta /ʔ/. Sementara belum menguasa 7 fonem yakni /ñ/, /ḍ/, /g/, /j/, /c/, /ṭ/, serta fonem /r/. berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa secara umum, anak perempuan usia 2,5 tahun sudah cukup terampil menguasai fonem-fonem bahasa Jawa.Acquisition of Javanese phonology in children aged 2.5 years: A psycholinguistic studyThe acquisition of Javanese Language Phonology in Children Age 2.5 Years: A Psycholinguistic Study. This study aimed to describe the acquisition of the first language phonological level of 2.5-year-old girls. This research was a descriptive qualitative approach. The research was conducted in 4 months, from February 2021 to June 2021, with the research subject being a 2.5-year-old girl. The researcher used the listening-engagement technique in collecting data and interviewing the child’s parents. The conversational engagement listening technique was carried out by listening and participating in the conversation with the research object. The analysis technique uses an interactive model. The results showed that the subject mastered 7 Javanese vowel phonemes consisting of phonemes /i/, /e/, /a/, /ǝ/, /u/, /o/, and /Ɔ/ and 13 consonant phonemes namely /p /, /b/, /m/, /w/, /t/, /d/, /n/, /l/, /s/, /y/, /k/, /g/, and /ʔ/. While she had not mastered 7 phonemes, namely /ñ/, /ḍ/, /g/, /j/, /c/, /ṭ/, /r/. Based on the results of this study, it concluded that the girl aged 2.5 years is quite skilled at mastering Javanese phonemes