KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI NOVEL KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU

Main Author: Harisah, Sitti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: BAHASA DAN SASTRA , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/8808
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/8808/6995
Daftar Isi:
  • permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan yang tidak menerapkan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan memahami novel siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu dan apakah model pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan dalam pembelajaran memahami novel siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian true experimental design dalam bentuk pretest-postest control group design. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penilitian diketahui bahwa, hasil pembelajaran kemampuan memahami novel dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek sebelum diberikan perlakuan, skor rata-rata pretes siswa 67,24 setelah diberikan perlakuan, skor rata-rata postes siswa 74,84. Hasil pembelajaran kemampuan memahami novel tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, skor rata-rata pretes siswa 63,80 dan setelah diberikan pembelajaran langsung, skor rata-rata postes siswa 69,32; (2) ada perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran kemampuan memahami novel siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu antara pembelajaran kemampuan memahami novel menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci:Model, Pembelajaran, Berbasis Proyek, Kemampuan, Novel