KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINDUE MELALUI METODE MIND MAPPING

Main Author: EKASARI, DIAN
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: BAHASA DAN SASTRA , 2019
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12724
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12724/9831
Daftar Isi:
  • ABSTRAK – Permasalahan dalam penelitin ini bagaimana kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindue melalui metode mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindue melalui metode mind mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang meliputi tiga tahap yaitu : (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap analisis data, (3) hasil analisis data. Data yang diperoleh dari hasil evaluasi kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindue melalui metode mind mapping, dengan skor tertinggi 15 sampai sampai skor terendah 5. Dari hasil penelitian diperoleh nilai ketuntasan adalah 15,62%, dengan nilai rata-rata adalah 48,81%. Hal tersebut belum memenuhi standar ketuntasan leksikal di SMP Negeri 1 Sindue yaitu 75. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa kelas VII Sudirman SMP Negeri 1 Sindue belum berhasil dalam menulis teks deskripsi melalui metode mind mapping.Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Deskripsi, Metode Mind Mapping