Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Palu
Main Author: | Usman, Fikriadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
GeoTadulako
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/5809 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/5809/4567 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/downloadSuppFile/5809/243 |
Daftar Isi:
- Hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 4 belum memberikan hasil yang maksimal. Dari jumlah siswa 23 orang di kelas tersebut. Dengan ketuntasan belajar klasikal 30%, dan daya serap klasikal hanya mencapai 69,15%. Oleh karena itu, diperlukan adanya penerapan model pembelajaran berbasis proyek di kelas XI IPS 4. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian ini berdasarkan siklus I dan II yang telah dilakukan menunjukan bahwa setelah model pembelajaran berbasis proyek diterapkan secara berulang-ulang, telah terbukti bahwa perolehan hasil evaluasi mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh presentase daya serap klasikal mencapai 81,1% dan ketuntasan belajar klasikal ialah mencapai 55%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan, di mana perolehan presentase daya serap klasikal mencapai 85,65% dan ketuntasan belajar klasikal 80%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Palu.