PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DONDO KABUPATEN TOLI-TOLI
Main Author: | Taufik, Moh. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
GeoTadulako
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/3258 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/3258/2306 |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini didasarkan pada aktivitas siswa yang masih belum aktif dalam pembelajaran geografi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dondo, 2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dondo, 3) Untuk mendeskripsikan aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Geografi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Dondo. Populasi penelitian ini sebanyak 45 siswa yang diambil dari XI IPS 1 dan XI IPS 2 dan sampel penelitian ini sebanyak 45 sampel sehingga penelitian ini bersifat penelitian populasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode pendekatan yang digunakan adalah metode kausal (hubungan sebab akibat). Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rhitung (0,99) > rtabel (0,294). Jadi, H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas siswa (X) dengan prestasi belajar siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dondo. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Prestasi Belajar