Kemampuan Guru Menerapkan Metode Field Visit Technique (Kunjungan Lapangan) dalam Mengajar Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Palu
Main Author: | Nisa, Zumrotin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
GeoTadulako
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/2603 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/2603/1736 |
Daftar Isi:
- Studi geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji tentang fenomena alam dan masalah kehidupan manusia, dan secara umum proses pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Palu sering disajikan melalui metode ceramah, diskusi di kelas dan berorientasikan pada buku ajar. Sehingga, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui yaitu: (1) bagaimana kemampuann Guru menetapkan metode pembelajaran, (2) bagaimana kemampuan Guru menerapkan metode field visit technique (kunjungan lapangan) dalam mengajar mata pelajaran Geografi, (3) faktor-faktor pendukung penerapan metode field visit technique (kunjungan lapangan) dalam mengajar mata pelajaran Geografi di SMA Negeri I Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu 2 orang guru yang mengajar mata pelajaran geografi dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Oleh sebab itu, data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan mengacu pada penelitian Milles dan Huberman melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan Guru dalam menetapkan metode pembelajaran kurang maksimal, karena pada materi-materi yang relevan dengan metode kunjungan lapangan Guru lebih banyak menetapkan metode pembelajaran di dalam kelas, (2) kemampuan Guru menerapkan metode field visit technique (kunjungan lapangan) dalam mengajar mata pelajaran geografi dapat dikatakan masih kurang, karena Guru Geografi hanya dapat menerapkan metode kunjungan lapangan pada semester genap materi litosfer dan atmosfer kelas X SSN padahal ada beberapa materi lain yang seharusnya diterapkan metode tersebut, (3) faktor-faktor pendukung penerapan metode field visit technique (kunjungan lapangan) dalam mengajar mata pelajaran Geografi adalah antusias dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, namun ada juga beberapa faktor kendala diantaranya prosedur administrasi dan kurangnya fasilitas dari sekolah, karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya, banyaknya jumlah siswa pada tiap kelas, ketidak tepatan waktu pelaksanaan kunjungan lapangan, dan kedisiplinan siswa. Kata Kunci:Kemampuan Guru, Metode Field Visit Technique, Mata Pelajaran Geografi