Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi di Kelas X dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab di MA Alkhairaat Ampibabo Parigi Moutong
Main Author: | Zulhijjah, Zulhijjah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
GeoTadulako
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/2601 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/2601/1734 |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh metode yang dilakukan oleh guru kurang bervariasi atau hanya dilakukan metode ceramah secara menoton. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes evaluasi akhir. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh hasil persentase daya serap klasikal sebesar 65,29% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 73,52%, dengan nilai rata-rata 80. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil persentase daya serap kalsikal sebesar 80,58% dan persentase ketuntasan klasikal 97,05%, dengan nilai rata-rata 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi pada materi hakikat geografi dengan menggunakan metode tanya jawab di kelas X MA Alkhairaat Ampibabo, mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPS Geografi