PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2 MAN 1 PALU

Main Authors: Muhajir, Muhajir, Amiruddin, Amiruddin, Nurvita, Nurvita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2018
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/11375
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/11375/8766
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu : 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subyek penelitian sebanyak 27 orang siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir siklus. Hasil pertemuan diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II. Hasil tes awal menunjukan ketuntasan klasikal dan daya serap klasikal hanya sebesar 7,40% dan 47,85%. Setelah menerapkan model CTL pada siklus I ketuntasan klasikal dan daya serap klasikal mengalami peningkatan yaitu 37,03% dan 59,33%. pada siklus II ketuntasan klasikal dan daya serap klasikal mencapai presentase sebesar 100% dan 87,03%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II terlihat pada ketuntasan klasikal yang mengalami peningkatan sebesar 62,97% dan daya serap klasikal meningkat sebesar 27,70%. Sedangkan pada observasi siswa dan guru terjadi peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I persentase siswa dan guru sebesar 79,16% dan 91,66% dan pada siklus II 100% dan 100%. Berdasarkan indikator kinerja dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu.