KELAYAKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 LARIANG
Main Authors: | Nurmiati, Nurmiati, Junarti, Junarti, Nurvita, Nurvita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tadulako
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/11372 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/11372/8763 |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kelayakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perpustakaan sebagai sumber belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Lariang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitiannya adalah perpustakaan, kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, staf perpustakaan dan 5 perwakilan siswa kelas VIII sebagai respondennya. Data yang diperoleh di analisis dengan teknik analisis deskriptif presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelayakan perpustakaan masih sangat minim atau dibawah standar hasil menunjukkan bahwa koleksi buku yang terpenuhi hanya 48,87% hal ini dikarenakan jumlah buku sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah siswa, layanan perpustakaan hanya 29,61% artinya kurangya keaktifan tenaga perpustakaan dalam mengola atau menjalankan tugasnya, Tenaga perpustakaan 50% artinya hanya ada satu staf yang bertugas di perpustakaan dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) hanya 25% sangat kurang, maka dapat disimpulkan bahwa perpustakaan dalam kategori tidak layak sebagai sumber belajar.