KONDISI TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERPENCIL DI DESA SIPESO KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA

Main Authors: Sari, Nirmala, Nurvita, Nurvita, Listiqowati, Ika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tadulako , 2018
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/11367
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/view/11367/8758
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/GeoTadulako/article/downloadSuppFile/11367/612
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi tingkat pendidikan masyarakat terpencil di Desa Sipeso dan (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi tingkat pendidikan masyarakat terpencil di Desa Sipeso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian adalah 19 orang yang terdiri dari kepala Desa dan 18 orang Kepala Keluarga. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kondisi pendidikan masyarakat terpencil di Desa Sipeso masih sangat rendah, banyaknya masyarakat yang tidak memperoleh pendidikan dan ada juga yang hanya memperoleh pendidikan dasar (SD), tetapi mereka tidak melanjutkan lagi ke sekolah lanjutan. Jumlah masyarakat yang tidak tamat SD 21,05%, tamat SD 47,37%, tamat SLTP/Sederajat 21,05%, tamat SLTA/Sederajat 10,53%. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat pendidikan masyarakat terpencil di Desa Sipeso yaitu faktor kesadaran pentingnya pendidikan masih rendah, dan faktor ekonomi yang rendah menghambat anak melanjutkan pendidikannya karena biaya pendidikan yang dirasakan sangat mahal. Faktor lain yang mempengaruhi yaitu faktor lingkungan dan aksesibilitas.