UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Ulfa, Ulya; Universitas Sebelas Maret, Utami, Budi; Universitas Sebelas Maret, Yamtinah, Sri; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9803
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9803/8064
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) rasa percaya diri; dan (2) prestasi belajar siswa pada materi termokimia dengan menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017 yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes untuk kompetensi pengetahuan; triangulasi data (observasi, angket penilaian diri, dan penilaian teman sebaya) untuk aspek sikap dan rasa percaya diri; serta observasi untuk aspek keterampilan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berbantuan mind mapping dapat meningkatkan: (1) rasa percaya diri yang dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I maupun siklus II yang menunjukkan angka ketercapaian sebesar 100%. Hasil tersebut terbagi menjadi 2 kategori, siswa dengan rasa percaya diri tinggi sebesar 74,36% dan sedang 25,64%. (2) prestasi belajar siswa pada materi termokimia yang dapat dillihat dari ketuntasan aspek pengetahuan siklus I yang mulanya 46,15% meningkat menjadi 84,62 % pada siklus II. Untuk aspek sikap, pada siklus I sebesar 89,16% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 93,19%. Sedangkan ketuntasan untuk aspek keterampilan yaitu sebesar 90,08%.