PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIA SMA NEGERI I SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Authors: Agustina, Rohana Putri; Universitas Sebelas Maret, Ashadi, Ashadi; Universitas Sebelas Maret, Mulyani, Bakti; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9712
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/9712/8059
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa pada materi koloid kelas XI MIA SMA Negeri I Sukoharjo menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri I Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes dan non-tes (observasi, wawancara, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning pada materi koloid kelas XI MIA 1 SMA Negeri I Sukoharjo dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa, dilihat dari peningkatan sikap ilmiah siswa dari 27,5% pada prasiklus, menjadi 72,5% pada siklus I, dan menjadi 97,5% pada siklus II dan prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan (52,5% menjadi 95%), aspek sikap 100% pada siklus I, dan aspek keterampilan 100% pada siklus I.