ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS SISWA SMA KOTA SURAKARTA
Main Authors: | Nasution, Akhyani, Sunarno, Widha, Budiawanti, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sebelas Maret Surakarta
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12844 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12844/9003 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan awal literasi sains siswa SMA kota Surakarta. Studi ini merupakan bagian dari studi pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Tes kemampuan literasi sains yang disusun berjumlah lima butir soal. Kemampuan awal literasi sains yang dianalisis merupakan kemampuan literasi sains siswa sebelum diterapkan suatu model yang diduga dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XII SMA Assalam Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian literasi sains pada kategori science as a body of knowledge, science as a way of thinking, science a way of investigating, science as interaction between technology and society tergolong rendah yakni dibawah 40%, karena persentase yang didapatkan adalah 34,5%. Hasil yang diperoleh tersebut sesuai dengan hasil surve PISA tahun 2003, 2006, 2009, 2012 dan 2015 yang menyatakan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia termasuk dalam kategori rendah.