IMPLEMENTASI MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK PENGETAHUAN PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR
Main Authors: | Pratiwi, Rinta Dian, Ashadi, Ashadi Ashadi, Sukarmin, Sukarmin Sukarmin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sebelas Maret Surakarta
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12833 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12833/8992 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi model POGIL dalam meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi kalor dan perpindahannya. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain posttest only control group design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal test pilihan ganda berjumlah 25 butir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 orang yang terbagi menjadi 32 orang di kelas eksperimen dan 32 orang di kelas control. Analisis data yang digunakan berupa uji Independent Sample t-Test dan uji statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata skor posttest antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek pengetahuan kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini didasarkan dari hasil analisis deskriptif rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol dan hasil uji-t (2-tailed) sebesar 0,000, dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil ini dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen serta penerapan model POGIL lebih baik meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan siswa dibandingkan dengan kelas kontrol.