ANALISIS KEMAMPUAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DITINJAU DARI SEGI GENDER

Main Authors: Pratiwi, Alfiani Indah, Sunarno, Widha, Sugiyarto, Sugiyarto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sebelas Maret Surakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12823
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12823/8982
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kreativitas peserta didik pada materi sistem pencernaan pada manusia ditinjau dari segi gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif . Sampel penelitian ini adalah kelas VIII –A dan VIII-B sebanyak 52 peserta didik disalah satu SMP swasta daerah Kartasura yang terdiri dari 28 laki-laki dan 24 perempuan. Variabel penelitian adalah kreativitas. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen tes berupa uraian sebanyak 6 soal untuk menganalisis jawaban peserta didik terhadap hasil rata-rata nilai yang diperoleh serta pencapaian indikator berdasarkan aspek kreativitas. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata peserta didik laki-laki 34,4 yaitu tergolong rendah dibandingkan peserta didik perempuan yang memperoleh nilai rata-rata 43,3. Hasil analisis data berdasarkan aspek kreativitas pencapaian indikator ditinjau dari segi gender, pada peserta didik laki-laki lebih unggul pada indikator keluwesan (57,5%), sedangkan peserta didik perempuan unggul pada indikator yaitu elaborasi (51,25%) dengan kategori persentasi kemampuan kreativitas peserta didik sedang dalam materi sistem pencernaan pada manusia. Disarankan kepada guru untuk melatih keterampilan peserta didik dalam mengembangkan kreativitasnya.