PENGGUNAAN DIAGRAM VEE UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Main Authors: | Hapsari, Inggrid Sukma, Karyanto, Puguh, Sunarno, Widha |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sebelas Maret Surakarta
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12814 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12814/8977 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan diagram vee sebagai upaya untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di SMP Swasta didaerah Kartasura. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIIIA (29 peserta didik) dan VIIIB (26 peserta didik). Miskonsepsi ini akan diidentifikasi dengan menggunakan diagram vee dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diagram vee. Materi yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi yaitu mengenai sistem pencernaan manusia yang memiliki daya serap UN terendah selama tiga tahun terakhir. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes objektif diagram vee dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 72,72% peserta didik tidak paham konsep dan 11% peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Rendahnya hasil analisis LKPD diagram vee disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia, metode pembelajaran guru, daya tangkap peserta didik dan buku referensi.