UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Sumarni, Sumarni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/11784
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/11784/8444
Daftar Isi:
  • Abstract: This research is a class action research (PTK) with the subject of research is the students of class V SD Negeri 1 Duwet Wonosari Klaten 2016/2017 academic year. The purpose of this study is to improve the learning outcomes of Civics in the material to maintain the integrity of NKRI through role-playing methods with a cooperative approach in elementary school students. Data collection method used in this research is test method, interview, and observation. The collected data were analyzed by descriptive analysis. Based on the data analysis, it can be concluded that: 1) Through role-playing method with a cooperative learning approach can increase PKN learning activity of material to maintain the integrity of NKRI in grade V SD Negeri 1 Duwet WonosariKlaten academic year 2016/2017. This is reflected from the average activity of cycle I reached 56.46% and increased to 75.62% in cycle II; 2) Through the method of role play with approach cooperative learning can increase the learning activity PKN material to maintain the integrity of NKRI in grade V SD Negeri 1 Duwet WonosariKlaten academic year 2016/2017. This can be demonstrated by the increase: (1) The average value in the pretest obtained by the average of 67.41 with the completeness of learning 37.93%, (2) in the first cycle obtained by the average class 76.31 with mastery learning 65.51 %, (3) and on the second cycle obtained average grade 81.82 with learning completeness 86.20%. This shows that the students' learning achievement reaches the target of 85% with KKM score> 70. Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Duwet Wonosari Klaten tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi menjaga keutuhan NKRI melalui metode bermain peran dengan pendekatan cooperative pada siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Melalui metode bermain peran dengan pendekatan cooperative learning dapat meningkatkanaktivitas belajar PKN materi menjaga keutuhan NKRI pada siswa kelas V SD Negeri 1 Duwet WonosariKlaten tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini tergambar dari ratarataaktivitas siklus I mencapai 56,46 % dan meningkat menjadi 75,62% pada siklus II; 2) Melalui metode bermain peran dengan pendekatancooperative learning dapat meningkatkanaktivitas belajar PKN materi menjaga keutuhan NKRI pada siswa kelas V SD Negeri 1 Duwet WonosariKlaten tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapatditunjukkan dengan meningkatnya : (1) Nilai rata-rata pada prapenelitian diperoleh rata-rata kelas sebesar 67,41 dengan ketuntasanbelajar 37,93%, (2) pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 76,31dengan ketuntasan belajar 65,51%, (3) dan pada siklus II diperolehrata-rata kelas 81,82 dengan ketuntasan belajar 86,20%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa mencapai target ketuntasan yaitu sebesar > 85% dengan nilai KKM > 70. Keywords: hasil belajar, bermain peran, cooperative learning