EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN RME PADA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Authors: Nahdiya, Nikmah Alfi; Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS, Usodo, Budi; Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret, Triyanto, Triyanto; Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: F.KIP Universitas Sebelas Maret , 2018
Subjects:
RME
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11641
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11641/8393
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME atau pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan gaya kognitif field independent atau siswa dengan gaya kognitif field dependent pada materi barisan dan deret, (3) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang megikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME atau siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada masing-masing gaya kognitif siswa pada materi barisan dan deret.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret, (2) siswa dengan gaya kognitif field independent menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya kognitif field dependent pada materi barisan dan deret, (3) pada siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent, siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret