EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Rokhim, Andrean Fajar; Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS, Triyanto, Triyanto; Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS, Setiawan, Rubono; Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: F.KIP Universitas Sebelas Maret , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11629
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dilihat dari gaya belajar siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah model GI (Group Investigation) dengan pendekatan Scientific dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XIMIA SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan adalah2 kelas dimana kelas eksperimen terdapat 28 siswa dan kelas kontrol terdapat 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen angket gaya belajar matematika siswa dan tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe.Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) siswa yang diberikan model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan Scientific memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional, (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan gaya belajar visual maupun kinestetik, (3) pada masing-masing kategori gaya belajar, siswa yang diberikan model pembelajaran GI (Group Investigation) dengan pendekatan Scientificmenghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional pada materi aplikasi turunan fungsi.