IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI ( STUDI KASUS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 SURAKARTA)

Main Authors: Pratiwi, Tia, Rohmadi, Muhammad, Anindyarini, Atikah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/11587
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/11587/8291
Daftar Isi:
  • Abstract : This research aims to know the implementation of character education value of honest, hard work, and curiosty in learning to write poems in the SMP Negeri 16 Surakarta. Type of this research is descriptive research with qulitative approach of case studies. The Source data comes from the analysis of the RPP, observation, learning and observation of the result of the interview. The sampling technique used a purposive sampling data analysis with particular consideration. Research data colled with some technique, observation, interviews, and analysis of documents. Test the validity of the data using the technique of triangulation of data and triangulation methods. The analysis of the data done by reduction of the data, the presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. The result of this research can be in, namely: (1) the value of the character is already listed in the RPP are made; (2) the value of the character is already applied in learning to write poetry; (3) the value of the character is honest, hard working, and curiosity has been implemented well on the learning process. Keywords : implementation of character education, Character values, learning to write poems. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasipendidikan karakter nilai jujur, kerja keras, dan rasa ingin tahu pada pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 16 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Data dan sumber data berasal dari analisis RPP, observasi pembelajaran, dan pengamatan hasil wawancara.Teknik sampling yang digunakan purposive sampling yang melakukan analisis data dengan pertimbangan tertentu.Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa teknik yaitu, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di dapat dari penelitian ini yaitu:(1) nilai karakter sudah tercantum dalam RPP yang dibuat; (2) Nilai Karakter Sudah diterapkan dalam Pembelajaran Menulis Puisi; (3) Nilai Karakter Jujur, Kerja keras, dan Rasa Ingin Tahu sudah diimplementasikan dengan baik pada proses pembelajaran. Kata kunci : Implementasi pendidikan karakter, nilai karakter, dan pembelajaran menulis puisi.