ANALISIS KELAYAKAN MODUL KIMIA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERRING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA

Main Authors: Tyffani, Dynda Meutia, Utomo, Suryadi Budi, Rahardjo, Sentot Budi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sebelas Maret Surakarta , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11394
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11394/8079
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan modul kimia berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Tranferring) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid yang sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall (1983). Tahap-tahap pengembangan modul meliputi (1) Research and Information Collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary Form of Product, (4) Preliminary Field Testing, dan (5) Main Product Revision. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase skor rata-rata 83,75%, hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase skor rata-rata 88,28%, hasil validasi oleh ahli bahasa mendapatkan persentase skor rata-rata 93,75%, serta hasil validasi oleh ahli perangkat pembelajaran memperoleh persentase rata-rata dari keseluruhan aspek sebesar 89,82%.