PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Chumdari, Umitri Astuti, Siti Wahyuningsih,
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10823
Daftar Isi:
  • Abstract: The objective of this research was to improve the concept understanding of economic activities related to natural resources through the use of cooperative learning model of time token with the basis of problem solving. This research was classroom action research that conducted in two cycles. Each cycle consisted of two confluence and each confluence consist of four phases are planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were a teacher and state primary school student in fourth grade of Bumi 1 No 67 in academic year 2016/2017 which amounts to 28 students consist of 12 girls and 16 boys. The data collected through interview, observation, documentation, and test. The data analyzed by the interactive model of analysis comprising four components, namely: data gathering, data reduction, data display, and conclusion drawing. The data were validated by the data source and data collection technique triangulations. Prior to the treatments, the students’ minimal learning completeness was 21.42%. Following the treatments with the cooperative learning model of time token with the basis of problem solving, it became 64.29% in Cycle I and 89.29% in Cycle 2. In addition, the students’ learning activities also improved. The students became more active and more excited in the learning process. Thus, the cooperative learning model of time token with the basis of problem solving could improve the concept understanding of economic activities related to natural resources of the student in grade IV state primary school Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta in academic year 2016/2017. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam menggunakan model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solving pada siswa kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, ketuntasan siswa prasiklus sebesar 21,42%. Setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solving pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 64,29%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 89,29%. Selain peningkatan tersebut, aktivitas siswapun juga meningkat, peningkatan aktivitas siswa tersebut dapat dilihat pada aktivitas siswa yang menjadi lebih aktif dan lebih bersemangat dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solving dapat meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.Kata kunci: pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam, model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solving