DAMPAK MEDIA IKLAN (BILLBOARD ROKOK) TERHADAP PERILAKU MEROKOK SISWA DI SMK NEGERI 3 PALU

Main Authors: Kurniawan, Herman, Arifuddin, Adhar, Masrida, Masrida
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/HealthyTadulako/article/view/8740
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/HealthyTadulako/article/view/8740/6948
Daftar Isi:
  • Perilaku merokok pada siswa tidak terlepas dari peran media iklan rokok salah satunya billboard yang digunakan oleh industri rokok untuk memasarkan produk rokok. Data RISKESDAS dilaporkan perilaku merokok remaja usia 15 tahun keatas meningkat tahun 2013 sebanyak 36,3%. Kasus merokok di SMK Negeri 3 Palu 49 kasus tahun 2014. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak media iklan billboard rokok terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pada remaja di SMK Negeri 3 Palu. Jenis penelitian kualitatif menggunakan triangulasi sumber dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu 2 informan kunci, 1 informan tambahan dan 10 informan biasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMK Negeri 3 Palu memiliki pengetahuan tentang rokok dari iklan yang terdapat di billboard rokok, sikap ingin merokok setelah melihat iklan pada billboard rokok, dan tindakan membeli serta mengkonsumsi rokok yang diiklankan di billboard. Dampak dari media iklan billboard memiliki pengaruh terhadap tindakan merokok siswa SMK Negeri 3 Palu. Hasil penelitian disarankan kepada pihak sekolah untuk memberikan pendidikan yang efektif mengenai dampak buruk yang diakibatkan karena merokok. Bagi pihak dinas terkait untuk meniadakan atau memperketat aturan periklanan terhadap rokok, salah satunya iklan billboard rokok yang dapat berdampak bagi perilaku remaja serta pembatasan iklan, promosi, dan sponsor rokok secara komprehensif.