Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Peningkatan Kompetensi Dosen Program Studi Keperawatan Melalui Pelatihan Profesionalitas

Main Authors: Achyar, Novriyanti, Rusdinal, Rusdinal
Other Authors: ismapi
Format: Article info kuantitatif application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2021
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/115854
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/115854/pdf
Daftar Isi:
  • Abstract-Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kompetensi professional dosen program studi Diploma III Keperawatan di Kota Padang. Analisis kebutuhan ini dapat menjadi acuan dalam melakukan pengembangan model peningkatan kompetensi dosen dalam pembelajaran praktikum. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif untuk mengetahui kompetensi professional dosen yang mengajar praktikum, penilaian dilakukan oleh 50 orang mahasiswa sebagai sampel dalam memberikan persepsi tentang kompetensi pendidik yang ditunjukan dosen, sedangkan studi kesenjangan dan studi literature dilakukan berdasarkan observasi dan dokumentasi oleh peneliti. Hasil kompetensi kepribadian, pedagogies, professional dan sosial dosen masih perlu ditingkatkan karena belum pada standar nilai yang memuaskan. Analisis kesenjangan menunjukan data bahwa masih banyak kenyayaan terjadi yang tidak sesuai dengan harapan. Rekomendasi hasil penelitian ini adalah bahwa perlu dilakukan pengembangan model peningkatan kompetensi mendidik bagi dosen Keperawatan untuk dapat melakukan tugas sebagai dosen praktikum bidang keperawatan