Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19
Main Authors: | Humaera, Ririn, Rusdinal, Rusdinal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834/pdf |
ctrlnum |
article-110834 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19</title><creator>Humaera, Ririn</creator><creator>Rusdinal, Rusdinal</creator><subject lang="id-ID">Kinerja Guru ; Pembelajaran Daring, Covid-19</subject><description lang="id-ID">Sejak ditemukannya kasus positif COVID-19 di Indonesia dan pencanangan COVID-19 sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko penyebaran virus dengan menerapkan pembatasan jarak fisik. Sesuai dengan imbauan Mendikbud, proses pembelajaran harus dilanjutkan melalui pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran online, kendala yang dihadapi dan solusi yang diambil untuk mengatasinya. Peneliti ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru SDN 06 Balai-Balai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru baik, namun masih terdapat kendala, baik dari sisi guru maupun siswanya. Untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran online, guru memberikan bimbingan dalam kelompok kecil siswa di dalam kelas.</description><publisher lang="en-US">Universitas Negeri Padang</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2021-04-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834</identifier><identifier>10.24036/jbmp.v10i1.110834</identifier><source lang="en-US">Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan; Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Tahun 2021; 8-14</source><source lang="id-ID">Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan; Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Tahun 2021; 8-14</source><source>2614-6967</source><source>2614-6576</source><source>10.24036/jbmp.v10i1</source><language>ind</language><relation>http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2021 Ririn Humaera Humaera</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-110834</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Humaera, Ririn Rusdinal, Rusdinal |
title |
Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19 |
publisher |
Universitas Negeri Padang |
publishDate |
2021 |
topic |
Kinerja Guru ; Pembelajaran Daring Covid-19 |
url |
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834/pdf |
contents |
Sejak ditemukannya kasus positif COVID-19 di Indonesia dan pencanangan COVID-19 sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko penyebaran virus dengan menerapkan pembatasan jarak fisik. Sesuai dengan imbauan Mendikbud, proses pembelajaran harus dilanjutkan melalui pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran online, kendala yang dihadapi dan solusi yang diambil untuk mengatasinya. Peneliti ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru SDN 06 Balai-Balai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru baik, namun masih terdapat kendala, baik dari sisi guru maupun siswanya. Untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran online, guru memberikan bimbingan dalam kelompok kecil siswa di dalam kelas. |
id |
IOS102.article-110834 |
institution |
Universitas Negeri Padang |
institution_id |
56 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Padang |
library_id |
565 |
collection |
Bahana Manajemen |
repository_id |
102 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS102 |
first_indexed |
2021-12-30T09:54:41Z |
last_indexed |
2023-02-20T08:36:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1831697668821221376 |
score |
16.845257 |