Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19

Main Authors: Humaera, Ririn, Rusdinal, Rusdinal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2021
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834/pdf
ctrlnum article-110834
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19</title><creator>Humaera, Ririn</creator><creator>Rusdinal, Rusdinal</creator><subject lang="id-ID">Kinerja Guru ; Pembelajaran Daring, Covid-19</subject><description lang="id-ID">Sejak ditemukannya kasus positif COVID-19 di Indonesia dan pencanangan COVID-19 sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko penyebaran virus dengan menerapkan pembatasan jarak fisik. Sesuai dengan imbauan Mendikbud, proses pembelajaran harus dilanjutkan melalui pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran online, kendala yang dihadapi dan solusi yang diambil untuk mengatasinya. Peneliti ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru SDN 06 Balai-Balai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru baik, namun masih terdapat kendala, baik dari sisi guru maupun siswanya. Untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran online, guru memberikan bimbingan dalam kelompok kecil siswa di dalam kelas.</description><publisher lang="en-US">Universitas Negeri Padang</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2021-04-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834</identifier><identifier>10.24036/jbmp.v10i1.110834</identifier><source lang="en-US">Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan; Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Tahun 2021; 8-14</source><source lang="id-ID">Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan; Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Tahun 2021; 8-14</source><source>2614-6967</source><source>2614-6576</source><source>10.24036/jbmp.v10i1</source><language>ind</language><relation>http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2021 Ririn Humaera Humaera</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-110834</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Humaera, Ririn
Rusdinal, Rusdinal
title Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19
publisher Universitas Negeri Padang
publishDate 2021
topic Kinerja Guru ; Pembelajaran Daring
Covid-19
url http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110834/pdf
contents Sejak ditemukannya kasus positif COVID-19 di Indonesia dan pencanangan COVID-19 sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko penyebaran virus dengan menerapkan pembatasan jarak fisik. Sesuai dengan imbauan Mendikbud, proses pembelajaran harus dilanjutkan melalui pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran online, kendala yang dihadapi dan solusi yang diambil untuk mengatasinya. Peneliti ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru SDN 06 Balai-Balai. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru baik, namun masih terdapat kendala, baik dari sisi guru maupun siswanya. Untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran online, guru memberikan bimbingan dalam kelompok kecil siswa di dalam kelas.
id IOS102.article-110834
institution Universitas Negeri Padang
institution_id 56
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Padang
library_id 565
collection Bahana Manajemen
repository_id 102
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS102
first_indexed 2021-12-30T09:54:41Z
last_indexed 2023-02-20T08:36:51Z
recordtype dc
_version_ 1831697668821221376
score 16.845257