Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengintegrasi manajemen sumber daya manusia adaptif dalam tatanan pendidikan mengarah pada “merdeka Belajar” untuk berinovasi, belajar mandiri dan kreatif dalam peningkatan kualitas pendidikan di SMK Perguruan Cikini Jakarta untuk menciptakan peluang dunia usaha dan dunia industri sebagai strategi yang berorientasi pada perubahan sistemik sekolah kejuruan yang berkelanjutan melalui proses manajemen dan kemampuan sekolah terhadap layanan pendidikan yang cepat, andal, tindakan kepemimpinan terhadap kebutuhan dan tuntutan dengan mengefektifkan pengelolaan sumber daya yang terintegrasi manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengintegrasikaan perencanaan yang sesuai dengan program prakerin melalui kurikulum proses merdeka belajar, (2) mengorganisasikan program prakerin dengan menjalin kerjasama untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan sekolah kejuruan, (3) mengimplementasi pelaksanaan program prakerin dengan eksplorasi keberhasilan manajemen sekolah, dan (4) melakukan pengawasaan kegiatan prakerin. Penelitian kualitatif dengan metode survey, yang dijelaskan secara deskriptif, eksploratif dan kontekstual. Penelitian yang bersifat deskriptif, data dikumpulkan menggunakan kuesioner pada guru mata pelajaran produktif sedangkan eksploratif dan konstekstual, data dikumpulkan melalui wawancara mengenai pengetahuan dan pengalaman guru dalam menerapkan integrasi manajemen sekolah dan struktur tata kelola program kerja industri. Setelah data dikumpulkan, data diklasifikasikan, ditafsirkan, dan dianalisis dengan penskoran nilai. Temuan penelitian menunjukkan bahwa SMK Perguruan Cikini Jakarta mengintegrasikan manajemen dengan optimal berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dan menjalin kerjasama industry sesuai dengan bidang keahlian sekolah
  • This research was conducted to integrate adaptive human resource management in an educational setting leading to "independent learning" to innovate, learn independently and creatively in improving the quality of education at SMK Perguruan Cikini Jakarta to create opportunities for the business world and the industrial world as a strategy oriented towards systemic change. Sustainable vocational schools through the management process and the ability of schools to provide fast, reliable education services, leadership actions against needs and demands by streamlining integrated resource management. This study aims to: (1) integrate planning in accordance with the field Industrial practice program through an independent learning process curriculum, (2) organize field Industrial practice programs by collaborating to increase the institutional capacity of vocational schools, (3) implementing the implementation of the apprenticeship program by exploring the success of school management, and (4) supervising field Industrial practice activities. Qualitative research using survey methods, which are described descriptively, exploratively and contextually. Descriptive research, data were collected using a questionnaire for productive subject teachers, while exploratory and contextual research, data were collected through interviews regarding the knowledge and experience of teachers in implementing integrated school management and governance structures of industrial work programs. After the data is collected, the data is classified, interpreted, and analyzed by scoring. The research findings show that SMK Cikini Jakarta integrates optimal management based on National Education Standards and establishes industrial cooperation in accordance with the school's field of expertise.