PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA
Main Author: | Arifin, Arifin |
---|---|
Format: | Article info \"application/pdf\" eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Gardan
, 2014
|
Online Access: |
http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/gardan/article/view/360 http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/gardan/article/view/360/362 |
Daftar Isi:
- Arifin 12320035-ST. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan Prakerin Siswa (2) Kesiapan Kerja Siswa (3) Hubungan Pelaksanaan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa (4) Pengaruh Pelaksanaan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa (5) Besarnya pengaruh Pelaksanaan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Sultan Fattah Demak Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah penelitin dua variabel yakni variabel bebasnya Pelaksaan Prakerin (X) dan variabel terikatnya Kesiapan Kerja Siswa (Y). Objek penelitian adalah 84 siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Sultan Fattah Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) uji coba kuesioner dengan 20 siswa terdapat hubungan relibel karana pelaksanaan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa dibuktikan dengan rhitung > rtabel= 0,178, maka dikatakan reliabel (layak digunakan). (2) Uji Prasyarat dengan : (a) Uji Normalitas terbukti Normal, karena titik-titik grafik terbentuk penyebarannya mengikuti arah garis diagonal, (b) Uji Linieritas dengan Uji Durbin-Watson dengan hasil nilai 1.940 bila dibandingkan dengan nilai signifikansi 5% dan jumlah samapel 84, disimpulkan tidak terdapat autokorelasi karena nilai Durbin-Watson > batas atas (1.940 > 1.671), (c) Uji Heterokedestisitas diperoleh hasil berbentuk diagram scatterolot bahwa titik-titik menyebar secara acak di atas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y, berarti tidak terjadi heteroskedastisitas pada model regresi sehingga model regresi layak dipakai. (3) Untuk menguji pengaruh Pelaksanan Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa dengan uji simultan (Uji F), hasil analisis Fhitung 1.019 nilai signifikansi < 0,316 dengan nilai signifikansi 5% dan nilai Fhitung 1.019 > Ftabel 161.45 berarti pada Uji F, Ho berhasil ditolak dan menerima Ha. (4) Uji Signifikansi Nilai t (Uji secara persial) memperoleh nilai thitung 1.010 > ttabel 1.664 dan nilai sig t < nilai α 5% (0.05) maka Ho berhasil ditolak dan menerima Ha, artinya secara persial terdapat pengaruh yang signifikan antara Pelaksanaan Prakerin dengan Kesiapan Kerja Siswa. (5) besarnya pengaruh Pelaksanaan Prakerin dengan Kesiapan Kerja Siswa diperoleh dari Uji Signifikansi secara persial diperoleh nilai thitung 1.010. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa hasil penelitian ini terdapat pengaruh antara Praktek Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa dan terdapat pengaruh yang signifikan. Saran bagi peserta didik diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya yang terbaik terutama dalam melaksananakan praktek di sekolah maupun di dunia kerja sehingga kesiapan kerja siswa lebih mantap mahir dan profesional sesuai harapan perusahaan. Kata Kunci : Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan Kesiapan Kerja Siswa.