PENGEMBANGAN APLIKASI PERHITUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN METODE ANALISIS NUMERIK TENTANG KONDUKSI KEADAAN TUNAK DIMENSI RANGKAP PADA MATA KULIAH PERPINDAHAN PANAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Main Author: Wulandari, Iswahyuni
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/5469
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi perhitungan pada mata kuliah perpindahan panas yang valid praktis. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin kampus Indralaya. Aplikasi perhitungan perpindahan panas dikembangkan melalui tiga tahapan berdasarkan model pengembangan Rowntree, yaitu: perencanaan, persiapan, dan pengembangan. Aplikasi perhitungan ini dibuat agar mahasiswa dapat dapat membangun pengetahuannya secara mandiri. Setelah dilakukan pengembangan dilakukan tahapan evaluasi Tessmer, yaitu: evaluasi ahli (expert review), evaluasi orang per orang (one to one), evaluasi kelompok kecil (small group), uji coba lapangan (field test). Hasil uji validitas, kevalidan dari aplikasi perhitungan termasuk dalam kategori valid, sedangkan untuk persentase rata-rata kepraktisan dari evaluasi kelompok kecil dan uji coba lapangan adalah 81,14 % dengan kategori praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi perhitungan pada mata kuliah perpindahan panas di program studi Pendidikan Teknik Mesin valid dan praktis. Kata kunci : aplikasi perhitungan, media pembelajaran, perpindahan panas, pendidikan teknik mesin.