PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BANGKITKAN MINAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 7 PALEMBANG
Main Authors: | Retnosari, Ayu Desi; Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya, Djaenudin, Riswan; Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya, AR, Rusmin; Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FKIP Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5446 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran bangkitkan minat dengan strategi pembelajaran pertanyaan yang disiapkan terhadap motivasi belajar ekonomi peserta didik kelas X di SMA Negeri 7 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X di SMA Negeri 7 Palembang yang terdiri dari delapan kelas yang berjumlah 309 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan X.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi, baik observasi untuk melihat motivasi belajar peserta didik maupun observasi untuk melihat pelaksanaan strategi pembelajaran. Teknik pengumpulan data digunakan angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase skor yang diperoleh berdasarkan deskriptor yang tampak dan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05 atau 5% untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung 24 > ttabel 3,7 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran bangkitkan minat dengan strategi pembelajaran pertanyaan yang disiapkan terhadap motivasi belajar ekonomi peserta didik kelas X di SMA Negeri 7 Palembang. Dari penelitian tersebut, disarankan agar guru lebih memperhatikan strategi pembelajaran yang akan digunakan dan menjadikan strategi pembelajaran bangkitkan minat ini sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.