PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 OKU
Main Authors: | Roza, Fresti, Suharman, Andi, Lesmini, Bety |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5332 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 OKU melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan metode eksperimen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes akhir siklus. Tes akhir siklusini digunakan untuk mengetahui pemahaman konsepkimia siswa. Rata-rata ulangan harian siswa sebelum diberi tindakan adalah sebesar 51,23 (T0) dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 17,14%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil tes akhir siklus siswa adalah sebesar 57,22 (T1) dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 38,71%. Pada siklus II rata-rata hasil tes akhir siklus siswa sebesar 63,62 (T2) dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,52%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada tiap siklus jika dibandingkan dengan siklus sebelumnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)dengan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa namun tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kata-kataKunci :Model Pembelajaran, Numbered Head Together(NHT), Metode Eksperimen, Pemahaman Konsep