PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANB CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XII IPA MA PATRA MANDIRI PALEMBANG

Main Authors: Amalia, Nurfani, Rachman, Fuad Abd; Universitas Sriwijaya, Ibrahim, Arif Rachman; Universitas Sriwijaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5277
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penerapan Model Pembelajaranb Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII IPA MA Patra Mandiri Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Creative Problem Solving pada mata pelajaran kimia kelas XII IPA MA Patra mandiri Palembang dan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model Creative Problem Solving pada mata pelajaran di kimia kelas XII IPA MA Patra mandiri Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II juga terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus III terdiri atas 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa dan lembar observasi keaktifan siswa. Skor rata-rata tes hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) yaitu sebesar 68,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55%. Skor rata-rata tes hasil belajar siswa siklus I (T1) sebesar 73,7 dengan ketuntasan 62,5%. Siklus II dalam (T2) diperoleh skor rata-rata tes hasil belajar siswa 76,6 dengan ketuntasan 72,5%. Pada siklus III (T3) skor rata-rata tes hasil belajar siswa meningkat menjadi 84,3 dengan ketuntsn 87,5%. Peneliti memberikan saran kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata-kata Kunci: model creative problem solving (CPS), hasil belajar siswa