PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP MOL DI KELAS X SMA

Main Authors: Herawati, Elka Phia, Gulo, Fakhili; UNiversitas Sriwijaya, -, Hartono; Universitas Sriwijaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5275
Daftar Isi:
  • Abstrak: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol Di Kelas X SMA . Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan materi konsep Mol telah dikembangkan dan digunakan dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 3 Palembang. Penembangan ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis Desain, Development, Implemention, evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi, lembar angket dan tes hasil belajar. Validasi prototipe I diperoleh nilai validasi aspek materi adalah 4,75 (Sangat Valid), aspek pedagogik sebesar 4,60 (Sangat Valid) dan aspek media sebesar 4,00 (Valid). Pada tahap ujicoba one to one terhadap prototipe I diperoleh nilai kepraktisan sebesar 4,00 (Praktis) dan ujicoba tahap small group terhadap prototipe II diperoleh nilai kepraktisan sebesar 4,29 ( Sangat Praktis). Pada ujicoba tahap field test terhadap keefektifan prototipe III diperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,59 (Sedang). Hasil penelitian ini yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif untuk pembelajaran konsep Mol yang telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata-kata kunci : penelitian pengembangan, . lembar kerja peserta didik, interaktif, konsep mol.