PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KTSP PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

Main Authors: Utami, Geby Riyanti, Mujamil, Jejem; Universitas Sriwijaya, -, Effendi; Universitas Sriwijaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5274
Daftar Isi:
  • Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP Di Kelas XI IPA PLUS 1 SMA Srijaya Negara Palembang pada materi laju reaksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data hasil belajar siswa didapat dari tes hasil belajar. Rata-rata skor hasil beljar siswa sebwelum dilakukan tindakan (T0)sebesar 55,13 dengan ketuntasan sebesar 27,78 %. Rata-rata skor hasil belajar setelah penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP Pada siklus I (T1) meningkat menjadi 72,56 dengan ketentuan sebesar 61,11%. Pada siklus II(T2) sebesar 83,56 dengan ketuntasan sebesar 88,88%. Dari hasil tersebut terlihat bahwa T2 >T1 >T0 sehingga dapat disimpulkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP, dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Disarankan bagi guru untuk menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP pada kegiatan pembelajaran di kelas agar hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti menyarankan agar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KTSP ini dapat diterapkan oleh guru-guru kimia dalam pembelajaran di kelas sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata-kata kunci : penelitian tindakan kelas, Rprencana pelaksanaan pembelajaran KTSP